Saturday, May 23, 2020

BERITA: Pengertian, Jenis, dan Bagian-bagiannya

Pengertian Berita - Sebagian besar orang di dunia pasti pernah membaca atau melihat berita untuk mengikuti perkembangan informasi yang ada di belahan dunia ini. Mengetahui perkembangan dan segala informasi yang terjadi di seluruh penjuru dunia saat ini tidaklah sulit. Ada berbagai media yang bisa menjadi sarana untuk Anda mendapatkan informasi tentang hal-hal yang sedang terjadi di seluruh penjuru dunia.Anda mungkin sering melihat tayangan berita di berbagai media, seperti televisi, internet atau membaca di media cetak. Sayangnya, perkembangan informasi yang semakin pesat ternyata juga membawa dampak negatif karena semakin banyak berita yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Sebagai sebuah ilmu dan pengetahuan tambahan, berikut ini akan dijelaskan tentang berita, mulai dari pengertian berita hingga jenis dan tujuan dari pembuatan berita itu sendiri.

Pengertian BERITA Adalah: Definisi, Jenis Jenis, Ciri ciri dan ...

Secara umum, Pengertian Berita adalah sebuah informasi yang sifatnya fakta yang sedang terjadi maupun sudah terjadi dan disampaikan melalui perantara media, baik itu media elektronik maupun mefia like cetak.Pendapat lain mengatakan arti berita adalah suatu laporan informasi fakta terbaru dan penting mengenai peristiwa terkini yang disampaikan kepada masyarakat melalui berbagai media, seperti surat kabar, Televisi, radio, media online, dan berbagai media lainnya.

Penyampaian berita harus terdapat unsur-unsur berikut ini:

  • What, apa yang terjadi dalam suatu peristiwa?
  • Who, siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut?
  • Where, di mana peristiwa tersebut terjadi?
  • When, kapan peristiwa tersebut terjadi?
  • Why, mengapa peristiwa tersebut terjadi?
  • How, bagaimana proses terjadinya peristiwa tersebut?

Dalam pembuatannya, berdasarkan pengertian berita yang sudah dijelaskan di atas, sebuah berita yang baik harus memenuhi syarat pembuatan berita yang baik. Berita yang baik adalah berita yang memenuhi kode etik dalam jurnalistik yang sudah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.

Berdasarkan fakta

Informasi dalam berita yang disampaikan haruslah sesuai fakta yang sesungguhnya terjadi di lapangan. Berita tidak boleh dibuat berdasarkan karangan atau cerita fiktif.

Aktual

Artinya, informasi dalam berita yang disampaikan adalah informasi terkini atau terbaru. Hal ini bisa dibuktikan dengan jarak waktu antara berita disiarkan dengan kejadian yang diberitakan tidak berbeda terlalu jauh.

Berimbang

Dalam berita, informasi yang disampaikan tidak hanya harus berupa fakta namun juga berimbang. Berimbang maksudnya, fakta atau informasi yang disampaikan adalah informasi yang sebenarnya serta tidak memihak maupun memojokkan salah satu pihak. Dengan begitu masyarakat yang membaca atau melihat juga tidak akan terpengaruh.

Lengkap

Unsur terakhir yang harus ada dalam sebuah berita adalah lengkap. Artinya setiap informasi dalam berita harus disajikan secara lengkap, tidak ada yang disembunyikan atau dikurangi. Dengan begitu masyarakat atau khalayak luas yang membaca atau mendengarkan berita tidak menjadi bingung atas informasi yang disampaikan.

Struktur Bagian Berita

Secara umum, di dalam berita terdapat beberapa bagian yang menyusunnya menjadi satu kesatuan. Adapun struktur bagian berita adalah sebagai berikut:

  1. Headline, lebih kita kenal dengan judul berita yang berguna sebagai informasi awal tentang peristiwa yang diberitakan.
  2. Deadline, biasanya terdiri dari nama media, tempat peristiwa, dan tanggal peristiwa. Tujuan adanya deadline adalah untuk menjelaskan nama media serta tempat dan tanggal peristiwa yang diberitakan.
  3. Lead, lebih kita kenal dengan teras berita yang merupakan intisari dari suatu berita.
  4. Body, lebih dikenal dengan badan berita yang isinya menjelaskan peristiwa dengan bahasa yang ringkas, padat, dan jelas.

Jenis-Jenis Berita

√ Teks Berita : Pengertian, Ciri, Unsur, Syarat, Kaidah dan Tujuan

Dalam dunia jurnalistik, berita dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Mengacu pada pengertian berita di atas, adapun jenis-jenis berita adalah sebagai berikut:

1. Straight News

Pengertian berita langsung (straight news) adalah suatu berita yang ditulis secara singkat dan lugas. Pada umumnya halaman depan surat kabar menggunakan berita langsung.

Jenis berita langsung dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu:

  • Hard News; berita yang berisi informasi mengenai peristiwa khusus yang terjadi secara tiba-tiba. Dengan kata lain, informasi yang disampaikan sangat penting untuk segera diketahui khalayak.
  • Soft News; berita yang berisi informasi pendukung dan nilainya di bawah hard news.

2. Depth News

Pengertian berita mendalam (dept news) adalah suatu berita yang mengalami pengembangan dengan mendalami berbagai hal yang terdapat di dalam informasi dasar.

3. Investigation News

Berita investigasi adalah berita yang mengalami pengembangan berdasarkan hasil penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber informasi.

4. Interpretative News

Interpretativ news adalah suatu berita yang dikembangkan dengan disertai penelitian dan pendapat dari penulis atau reporternya.

5. Opinion News

Berita opini adalah suatu berita yang menyampaikan informasi berdasarkan pendapat seseorang tentang sesuatu hal. Pada umumnya, pendapat tersebut berasal dari seorang ahli, cendekiawan, atau pejabat.

Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian berita, ciri-ciri, syarat, unsur, serta beberapa jenis berita. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.


SEKIAN DULU YA......SEMOGA  DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA....BYE 
TAMAT 


No comments:

Post a Comment