Sunday, November 13, 2016

CONTOH TEKS ANEKDOT YANG LUCU DAN MENGGELITIK

teks anekdot adalah teks yang berisi kisah singkat tentang sesuatu, seseorang, kejadian, atau hal-hal yang berkenan dengan gagasan tertentu dan biasanya berisikan kritikan yang di tujukan kepada seseorang.



Contoh teks anekdot beserta strukturnya dan kaidah anekdot dapat anda temukan di berbagai bidang seperti pendidikan, agama, politik, hukum, sosial, lingkungan, pelayanan publik. Serta banya teks paragraft singkat beserta strukturnya. Bersifat lucu karena dari karakteristik anekdot ialah humor dan menghibur, ada juga yang panjang, agak panjang sampai singkat monolog beserta abstraksi dan analisisnya.

Struktur Cerita Anekdot:
 1. Abstrak : Ialah bagian awal paragraft yang membahas tentang berbagai isi dari teks.
2. Orientasi : Bagian yang menunjukan awal peristiwa atau kejadian yang latar belakang tempat itu terjadi.
3. Even : Rangkaian cerita atau bisa disebut juga jalan cerita.
4. Krisis : Bagian yang dimana terjadi masalah atau hal-hal yang tidak dapat terjadi. Dan biasanya krisis ini terjadi pada diri penulis itu sendiri.
5. Re Orientasi : Penutup dari cerita

Kaidah Cerita Anekdot :
 1. Menggunakan waktu lampau ; contohnya : saya tidak bisa tidur siang
2. Menggunakan Pertanyaan rotoris; contohnya : apakah dia mengerti?
3. Menggunakan kata penghubung atau kongjungsi, contohnya : setelah itu, kemudian, lalu, dan lain sebagainya.
4. Menggunakan kata kerja, contohnya : makan, mandi, menulis, dan lain sebagainya.
5. Menggunakan kalimat perintah, contohnya : makanlah, pergilah, dan lain sebagainya.
6. Menggunakan kalimat seru atau ajakan.



  SBI: Sekolah Bertarif Internasional 

Suatu ketika di sebuah sekolah negeri "Entah Dimana", seorang ibu guru memberi tahu kepada anak didiknya bahwa sekolah mereka akan berubah status menjadi sekolah SBI. "Anak-anak, ada kabar gembira untuk kita semua. Tidak lama lagi Sekolah kita akan menjadi sekolah SBI (Sekolah Bertaraf Internasional). Nah, untuk menyambut hal ini, saya mau tanya apa yang akan kalian siapkan? Tanya sang guru. "Joni, apa yang akan kamu lakukan untuk menyambut ini?" Tanya guru tersebut lebih lanjut. Dengan sigap si Joni pun menjawab pertanyaan guru “Belajar bahasa Inggris agar mampu berbicara bahasa Inggris bu" jawab joni. "Bagus sekali. Kalau kamu, Jono?" tanya guru kepada Jono "Harus siapkan uang, Pak” Jawab Jono "Lho kok uang?" Tanya guru lebih lanjut "Ya Pak. Soalnya kalau sekolah kita statusnya sudah SBI, pasti bayarnya lebih mahal. Masa sih bayarnya sama kayak sekolah biasa? Udah gitu, pasti nanti diminta iuran untuk ini itu" Jelas Jono lebih lanjut. "Jawabanmu kok sinis sekali? Begini lho, kalau sekolah kita bertaraf internasional artinya sekolah kita itu setara dengan sekolah luar negeri. Jadi, kalian seperti sekolah di luar negeri" Sang guru melanjutkan penjelasannya. "Tapi Pak, kalau menurut saya, SBI itu bukan Sekolah Bertaraf Internasional, tapi Sekolah Bertarif Internasional." Jono juga melanjutkan pejelasannya.



Anggota DPR dan Burung Beo
Dalam sebuah sesi istrahat, seorang anggota DPR terlihat sedang duduk bersantai dengan temannya sesama anggota DPR. Untuk mengisi waktu, seorang anggota DPR pun membuka memulai percakapan.
Anggota DPR 1: "Saya punya burung beo yang sudah diajarkan dua bahasa sekaligus, dan burung beo tadi bisa menirukannya dengan sangat baik,  satu bahasa Inggris dan lainnya bahasa Belanda. Jadi kalau kaki kanannya ditarik, burung beo  akan bicara bahasa Inggris dan kalau kaki kirinya yang ditarik burung beo akan bicara bahasa Belanda, hebatkan!"
Anggota DPR 2: "Wah, hebat banget!"
"Bagaimana jika kedua kakinya ditarik?" Tanya anggota DPR 1
"Wah pasti burung beo tadi bisa dua bahasa sekaligus!" Jawab anggota DPR 2
"Salah"
"Oh mungkin dua bahasa tadi saling bercampur aduk!"
"Salah"
"Atau mungkin salah satu katanya akan ketukar, satu bahasa Inggris dan kata kedua bahasa Belanda"
"Salah"
"Loh, jadi gimana dong?"
"Yang jelas kalau dua kakinya ditarik burung beonya pasti jatuh dari sarangnya, dasar bego!"
"Eh jangan ngeledek yah, gini gini gua juga anggota DPR sama seperti kamu, masa lu bilang bego!"
"DPR bego, DPR bego, DPR bego!" Suara burung beo terdengar berulang-ulang.

Bebas dari Kemiskinan

Barack Obama: Ya Tuhan, kapan rakyatku akan bebas dari kemiskinan?
Tuhan: 25 Tahun lagi
Obama: *menangis tersedu-sedu
Tony Abbott: Ya Tuhan, kapan rakyatku bebas dari kemiskinan?
Tuhan: 20 tahun lagi
Abbott: *menangis tersedu-sedu
Jokowi: Ya Tuhan, kapan rakyatku bebas dari kemiskinan?
Tuhan: *menangis tersedu-sedu

Pencuri Ikan di Hukum Seumur Hidup

Setelah melewati proses peradilan, seorang narapidana muda akhirnya dijebloskan ke dalam sel penjara. Hari pertama, seorang napi tua bertanya padanya: "Usiamu masih sangat muda kok sudah masuk penjara, kejahatan apa yang telah kamu perbuat?"
"Saya mencuri ikan pak", jawab narapidana muda itu dengan singkat.
Narapidana tua: "Kamu dapat vonis berapa tahun?"
"Saya dihukum seumur hidup pak dengan masa percobaan 2 tahun"
Dengan rasa heran napi tua itu bertanya lebih jauh : "Pencurian ikan kok sampai dihukum seberat ini, apa ikan yang kamu curi itu ikan paus?"
Narapidana muda: "Saya hanya membom ikan di dalam sebuah waduk pak, dengan sebuah detonator tenggelam, kemudian 3 ekor ikan mengambang di permukaan air"
Narapidana tua: "Kasus ini kan hanya kasus biasa, paling-paling kamu ditahan 2 hari saja"
Narapidana muda: "Pokok masalahnya adalah, tidak lama kemudian mengapung pula mayat beberapa orang penyelam"
Narapidana tua: "Hahaha, pantas saja kamu masuk penjara, ternyata yang kamu bom tidak cuma ikan saja, melainkan manusia juga ikut terkena bom tersebut".
Dan akhirnya narapidana tua tercengang dan tertawa akan penjelasan narapidana muda tersebut. Situasi kembali normal dan mereka bersama-sama berbincang-bincang dalam penjara.
Sayang adik
Tito sedang mengendari mobilnya di jalan luar kota ketika tiba-tiba seorang lelaki tinggi besar keluar dari kerimbunan tanaman dan menyetop mobilnya. Lelaki tersebut memaksa Tito untuk turun dengan todongan senjata tajam.
“Sekarang buka celanamu!” kata lelaki tersebut kepada Tito. Setelah celana terbuka, Tito disuruh bermasturbasi. Tak punya pilihan lain, Tito melakukannya.
Begitu selesai, lelaki bertampang bandit itu membentak Tito untuk melakukannya sekali lagi.
Dengan pasrah Tito bermasturbasi untuk kedua kalinya. Begitu Tito selesai, si lelaki berteriak, “Lagi!!!.” Tentu saja Tito terkejut. Masih sayang dengan nyawanya, Tito bermasturbasi lagi. Keringat mengucur di sekujur tubuhnya.
Selesai masturbasi yang ke tiga, Tito terkulai lemas.
“Sekarang saya minta tolong kamu antar adik perempuan saya ke kota,” kata lelaki tersebut sambil memanggil adik perempuannya yang cantik jelita.


Pemilihan presiden
Berikut adalah pendapat anak-anak Amerika tentang proses pemilihan presiden di negara mereka.
Pemilihan presiden bisa datang dan pergi, tapi politik terus bersama kita selama hidup.
Begitu terpilih, kadang-kadang presiden bekerja selama 24 jam sehari sampai ia tahu apa yang harus ia lakukan sebagai presiden.
Keturunan sangat buruk untuk urusan politik, karena kita akan mendapatkan raja dan bukannya presiden.
Ilmu politik adalah ilmu untuk mempelajari kenapa kandidat presiden bertingkah seperti itu.
Ketika bicara tentang calon presiden yang paling menjanjikan, yang mereka maksud adalah seseorang yang punya banyak janji-janji.
Gajah dan keledai tidak pernah bertengkar sampai kemudian politik datang.
Strategi politik adalah ketika Anda berhasil terus nyerocos dan orang lain tidak tahu kalau Anda sebenarnya kehilangan ide.
Kampanye benar-benar membahagiakan ketika berakhir.
Kandidat tidak pernah mengenal kata ‘kalah’, karena mereka tidak dijinkan untuk itu.
Beda usia
Adalah seorang lelaki berusia 70 tahun yang belum pernah menikah. Suatu hari ia bertemu dengan perempuan cantik berusia 17 tahun dan langsung jatuh cinta. Lelaki tua tersebut merasa itulah jodohnya dan langsung melamarnya.
Si gadis ternyata juga mau menerima. Mereka menikah dan berbulan madu ke Bali. Sepulang dari Bali, lelaki tua bertemu dengan sahabatnya.
“Hai, pengantin baru. Bagaimana bulan madunya?” tanya sahabatnya.
“Luar biasa! Sungguh menyenangkan. Kami bercinta hampir tiap hari dan…..”
“Sebentar, kamu bercinta hampir tiap hari? Dengan usiamu yang sudah tidak muda lagi…?”
“Aku bilang kan hampir. Aku hampir bercinta pada hari Senen, hampir bersetubuh pada hari Selasa, hampir bercinta pada hari Kamis …..”
Beo nakal
Ira, Ita, dan Nina bertetangga dan selalu bersama-sama pergi ke kantor. Sebelum mencapai jalan raya untuk naik bus, mereka harus melewati sebuah gang yang di salah satu rumahnya ada burung beonya.
Setiap kali ketiga perempuan tersebut melewati di depannya, si beo selalu menyebutkan tiga warna. Ira curiga bahwa beo tersebut mengetahui warna celana dalam mereka bertiga. Untuk membuktikannya mereka janjian memakai warna celana dalam yang sama.
Keesokan harinya ketika mereka lewat, si beo berkata, “Hitam, hitam, hitam.” Ketiga perempuan tersebut terpana dan kagum. Hari berikutnya dengan tepat si beo menebak warna celana dalam mereka dengan berkata, “Kuning, kuning, kuning.”
Nina mempunyai ide yang agak konyol. “Bagaimana kalau besok kita tidak pakai celana? Coba mau bilang apa si beo usil itu,” katanya yang disambut setuju oleh kedua temannya. Keesokan harinya ketika mereka lewat, si beo mondar-mandir di dalam sangkarnya seperti kebingungan.
Nina dan kawan-kawannya mulai tertawa senang karena bisa ngerjain beo tersebut. Tapi tertawa mereka tidak berlangsung lama, karena si beo lalu berkata, “Lurus, lurus, keriting.”
Permintaan ke tiga
Seorang lelaki sedang membersihkan barang antiknya ketika tiba-tiba Jiny keluar. “Jadi apa permintaanmu yang ke tiga?” Dengan bingung si lelaki bertanya, “Lho permintaan pertama dan ke dua kan belum.”
Jiny berkata dengan tidak sabar, “Sudah. Yang ke dua, kamu minta supaya dikembalikan seperti keadaan semula, sebelum aku mengabulkan permintaan pertamamu. Karena kembali seperti semula, kamu jadi lupa dengan kedua permintaanmu sebelumnya. Ayo cepat dong, sebutkan permintaan ke-tigamu.”
“Kalau begitu, aku ingin menjadi lelaki yang dipuja-puja dan dikejar-kejar perempuan,” kata lelaki tersebut. Jiny langsung mengabulkannya. Sesaat sebelum menghilang selamanya ia berkata, “Asal tahu saja, permintaan ini sama dengan permintaan pertamamu…”
Ratu dan Tuan Putri
Seorang pramugari minta para penumpangnya untuk menegakkan sandaran kursi, menutup kembali meja makan dan mengenakan sabuk pengaman karena pesawat sebentar lagi akan mendarat.
Seorang perempuan yang duduk di dekat jendela sama sekali tidak mengacuhkan permintaan pramugari tersebut. Sekali lagi pramugari mencoba membujuknya, “Tolong ya meja makannya dilipat dan sandaran kursinya ditegakkan.”
“Saya ini Tuan Putri dan tidak sembarang orang bisa menyuruh saya,” jawab perempuan tersebut dengan ketus. Mendengar jawaban itu, si pramugari dengan tegas berkata, “Oh, begitu. Saya ini Ratu, jadi kedudukan saya lebih tinggi darimu. Ayo lipat mejanya dan tegakkan kursinya…”
Seperti kanguru?
Seorang perempuan Amerika ingin sekali menikah, tapi dengan lelaki yang belum pernah berhubungan dengan perempuan. Karena sulit menemukan di negaranya, ia memasang iklan online.
Akhirnya ia menemukan lelaki idamannya yang sejak lahir hidup di daerah terpencil di Australia. Merekapun menikah. Pada malam pertama, si perempuan ke kamar mandi dulu untuk mempersiapkan diri.
Begitu keluar dari kamar mandi, ia sangat terkejut melihat semua barang di dalam kamar tidur di tumpuk jadi satu di sudut dan suaminya berdiri di tengah-tengahnya dalam keadaan telanjang. “Kenapa semua barang kamu singkirkan ke situ?” tanya si perempuan.
“Aku belum pernah sekalipun berhubungan dengan perempuan. Tapi kalau ‘ritual’-nya sama seperti dengan kanguru, maka aku perlu area yang luas,” jawab suaminya.

SEKIAN DULU YA......SEMOGA  DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA....BYE 

TAMAT 





No comments:

Post a Comment