Saturday, May 2, 2020

Cara Minangkatkan Kemampuan Menghafal

Dalam kamus Bahasa Indonesia kata menghafal berasal dari kata hafal yang artinya telah masuk dalam ingatan tentang pelajaran atau dapat mengucapkan di luar kepala tanpa melihat buku atau catatan lain. Kemudian mendapat awalan me- menjadi menghafal yang artinya adalah berusaha meresapkan ke dalam pikiran agar selalu ingat. 


Kata menghafal dapat disebut juga sebagai memori. Dimana apabila mempelajarinya maka membawa seseorang pada psikologi kognitif, terutama bagi manusia sebagai pengolah informasi. Secara singkat memori melewati tiga proses yaitu perekaman, penyimpanan dan pemanggilan. Dengan kata lain kegiatan menghafal adalah suatu kegiatan meningkatkan kinerja otak untuk mengingat sesuatu.
dan proses menghafal berkaitan erat dengan kehidupan manusia terutama pelajar yang membutuhkan menghfal untuk mengingat peljaran yang mereka terima. sering bertambahnya usia seorang manusia kemampuan otak manusia itupun mulai menurun yang tidak diharapkan oleh siapapun. dan kemampuan otak itu sendiri akan meningkst jisk dilstih secara rutin.
 Dalam bukunya Scott Hagwood 2012 mengatakan bahwa ingatan seseorang sama seperti sebagian besar anggota tubuhnya. Latihlah maka akan semakin kuat. Pendapat tersebut menjelaskan bahwa otak sejatinya sama seperti dengan manusia punya tangan dan kaki. Jika seseorang ingin mempunyai tangan yang kuat maka dia melatihnya dengan push up, angkat barbel dan lainnya. Atau jika seseorang ingiin kakinya kuat untuk berlari jauh, maka dia melatih kakinya dengan berlari. Otak juga sama, jika seseorang ingin otakknya mampu bekerja dengan baik dalam mengingat khususnya, maka lakukanlah latihan mengingat. Selanjutnya saya akan jelaskan step pertama yang dapat dilakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat. 



berikut adalah beberapa metode untuk menghafal:


1.    Teknik memahami kata atau kalimat.

Memahami materi yang akan dihafalkan, dibaca berkali-kali, berusaha menghafal dengan menutup buku, menyetorkan hafalan kepada guru.

2.    Teknik mengulang.                                                                                           

Membaca berulang-ulang dan menghafalnya.

3.    Teknik mendengar sebelum menghafal.

Materi yang akan dihafalkan didengarkan dulu dari rekaman secara berulang-ulang secara konsentrasi. Kemudian dihafalkan.
    4.    Teknik menulis sebelum menghafal. Dilakukan dengan cara menulis dahulu materi  
         yang akan dihafal di buku, lampiran atau sobekan kertas. 
Kemudian dihafalkan.Ingatan adalah proses alamiah dalam tubuh kita, semakin sering kita menggunakan maka semakin baik otak kita. Proses alamiah disini adalah proses dimana otak dibuat untuk terbiasa menerima informasi dan menyimpannya. Latihan yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan panduan ingatan.

Metode menghafal mempunyai beberapa kelebihan. Kelebihan dari metode menghafal adalah:

1.    Menumbuhkan minat baca siswa dan lebih giat dalam belajar.

2.    Pengetahuan yang diperoleh siswa tidak akan mudah hilang karena sudah dihafalnya.

3.    Siswa berkesempatan untuk memupuk perkembangan dan keberanian, bertanggung jawab serta mandiri.

4.    Membangkitkan rasa percaya diri.

5.    Belajar dengan cara menghafal adalah sederhana dan mudah.
    6.    Sebagai solusi ketika terjadi kecemasan atau perasaan tidak mampu menguasai           dalam memahami materi pelajaran, dapat mencoba dikuasai dengan 
         menghafalkannya.

kelemahan metode menghafal yaitu pola pikir seseorang cenderung statis, tidak dapat berargumen menurut pemahamannya sendiri, kesulitan menuangkan ide-ide atau gagasan-gagasannya, terkadang menghafal hanya bersifat sementara di otak, tidak cocok untuk mahasiswa. dan cenderung orang-orang setelah mnghafalkan sesuatu mereka akan melupakannya dengan cepat.
  

SEKIAN DULU YA......SEMOGA  DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA....BYE 

TAMAT 





No comments:

Post a Comment